Kamis, 09 September 2021

Jurnal Refleksi ke-11 Pembelajaran Berdiferensiasi

 Model refleksi yang digunakan adalah 4C

Kegiatan dari tgl. 12 Juli s/d 17 Juli 2021, dengan kegiatan sbb :

12 Juli : Ruang kolaborasi - Presentasi

ruang kolaborasi

13 Juli : Refleksi Terbimbing

14 - 15 Juli : Demonstrasi Kontekstual

16 Juli : Elaborasi pemahaman sesi instruktur

elaborasi pemahaman

17 Juli : Jurnal refleksi mingguan

1. connection

Pada minggu ini, saya mendapatkan pemahaman tentang pembuatan RPP berdiferensiasi yang akan diterapkan di kelas. Sebelum membuat RPP, saya harus melakukan pemetaan kebutuhan murid agar pembelajaran bisa tepat sasaran. Materi kali ini senada dengan filosofis pemikiran KHD yang mengutamakan kekuatan kodrat. Dan tentu saja, sebagai calon guru penggerak, materi ini sangat penting karena berkaitan dengan penerapan/implementasi pemikiran KHD dan juga perwujudan profil pelajar pancasila yang merdeka belajar.

2. Challenge

Tantangan kali ini adalah membuat RPP berdiferensiasi. Pada awalnya cukup kesulitan karena belum terbiasa mendeskripsikan mana diferensiasi konten, proses dan produk. tapi setelah belajar membuatnya, sudah mulai mengerti. Hanyasaja, apakah ke depannya saya harus terus membuat RPP berdiferensiasi seperti ini? walaupun sebenarnya RPP jenjang TK sudah dibuat sesuai minat, bakat dan kebutuhan namun tidak secara tertulis ada diferensiasinya.

3. Concept

Saya mempelajari tentang pembelajaran berdiferensiasi, strategi pembelajaran berdiferensiasi, penerapan dalam pembuatan RPP berdiferensiasi. Untuk ke depannya, saya perlu latihan lagi agar semakin tepat sasaran. Karena saat ini dengan memasuki tahun ajaran baru, siswa baru, maka proses identifikasi murid dimulai dari nol lagi dengan terus berkomunikasi dengan orang tua siswa baru

4. Change

Konsep pembelajaran semakin terarah, jelas dan terstruktur. Saya harus belajar mengidentifikasi kebutuhan belajar murid. Terus berlatih semoga semakin baik lagi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar