Model refleksi yang digunakan adalah 4C
Kegiatan dari tgl. 12 Juli s/d 17 Juli 2021, dengan kegiatan sbb :
12 Juli : Ruang kolaborasi - Presentasi
13 Juli : Refleksi Terbimbing
14 - 15 Juli : Demonstrasi Kontekstual
16 Juli : Elaborasi pemahaman sesi instruktur
17 Juli : Jurnal refleksi mingguan
1. connection
Pada minggu ini, saya mendapatkan pemahaman tentang pembuatan RPP berdiferensiasi yang akan diterapkan di kelas. Sebelum membuat RPP, saya harus melakukan pemetaan kebutuhan murid agar pembelajaran bisa tepat sasaran. Materi kali ini senada dengan filosofis pemikiran KHD yang mengutamakan kekuatan kodrat. Dan tentu saja, sebagai calon guru penggerak, materi ini sangat penting karena berkaitan dengan penerapan/implementasi pemikiran KHD dan juga perwujudan profil pelajar pancasila yang merdeka belajar.
2. Challenge
Tantangan kali ini adalah membuat RPP berdiferensiasi. Pada awalnya cukup kesulitan karena belum terbiasa mendeskripsikan mana diferensiasi konten, proses dan produk. tapi setelah belajar membuatnya, sudah mulai mengerti. Hanyasaja, apakah ke depannya saya harus terus membuat RPP berdiferensiasi seperti ini? walaupun sebenarnya RPP jenjang TK sudah dibuat sesuai minat, bakat dan kebutuhan namun tidak secara tertulis ada diferensiasinya.
3. Concept
Saya mempelajari tentang pembelajaran berdiferensiasi, strategi pembelajaran berdiferensiasi, penerapan dalam pembuatan RPP berdiferensiasi. Untuk ke depannya, saya perlu latihan lagi agar semakin tepat sasaran. Karena saat ini dengan memasuki tahun ajaran baru, siswa baru, maka proses identifikasi murid dimulai dari nol lagi dengan terus berkomunikasi dengan orang tua siswa baru
4. Change
Konsep pembelajaran semakin terarah, jelas dan terstruktur. Saya harus belajar mengidentifikasi kebutuhan belajar murid. Terus berlatih semoga semakin baik lagi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar