Jurnal refleksi mingguan yang saya tulis menggunakan model 4F
Jadwal kegiatan dari tgl. 13 April 2021 - 16 April 2021
13 April : Pembukaan dan Pre Test Paket Modul 1
14 April : 1.1.a.3 Mulai dari diri 'Refleksi Diri tentang Pemikiran KHD'
15 April : 1.1.a.4 Eksplorasi Konsep Mandiri ' Refleksi Diri tentang Pemikiran KHD'
16 April : 1.1.a.4.1 Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi 'Refleksi Kritis tentang Pemikiran KHD di Ruang Diskusi Virtual'
1. Facts (Peristiwa)
Pada saat mengikuti acara pembukaan PGP, banyak teman baru dan mudah-mudahan bisa saling menyemangati agar proses pelaksanaan PGP bisa berjalan dengan lancar. Kemudian pada saat masuk modul 1.1., di sana ada kegiatan web meeting, saya masih kaku dan grogi bertemu dengan guru-guru yang super hebat. Selain itu, saya juga harus mengasuh 2 anak kecil di sela-sela kegiatan, sehingga saya belum bisa fokus. Akhirnya Saya mulai membagi waktu, dengan adanya dukungan dari suami, kami membagi jadwal asuh anak agar pada saat proses daring PGP tidak terganggu
2. Feelings (Perasaan)
Terus terang saya masih grogi, apalagi ketemu dengan guru-guru yang super hebat. Tak jarang, ada rasa khawatir jika tidak optimal dalam pelaksanaan PGP. Saya bukan orang yang bisa dekat sama orang pada awal jumpa. Kadang butuh proses. Saya mulai beradaptasi dan berusaha untuk menghadapi semuanya dengan santai. Saya merasa senang bisa belajar dengan orang-orang hebat yang saling memotivasi. Saya akan belajar berusaha melakukan yang terbaik.
3. Findings (Pembelajaran)
Dari modul 1.1 saya belajar tentang makna pendidikan menurut pemikiran KHD, perbandingan pendidikan zaman kolonial dengan zaman sekarang, cara merealisasikannya dalam kehidupan terutama di sekolah. Hal penting dari konsep pemikiran KHD adalah menuntun anak sesuai dengan kodratnya (kodrat alam dan zaman) dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan
4. Future (Penerapan)
Konsep pemikiran KHD di sekolah (TK) sudah sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah. Untuk pelaksanaannya butuh dukungan dari berbagai pihak, baik antara guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar