Kamis, 09 September 2021

Jurnal Refleksi KHD 2

 Kali ini saya menggunakan model DEAL

Jadwal minggu ke-2

19 April 2021 : 1.1.a.5.1 Ruang Kolaborasi  'Mendesain kerangka pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD'

20 April 2021 :  1.1.a.5.2 Web meeting ruang kolaborasi - Presentasi

21 April 2021 : 1.1.a.6 Refleksi Terbimbing - Presentasi kerangka filosofis Merdeka Belajar

22 - 23 April 2021 : 1.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual 'Pemikiran Filosofi KHD dalam karya'

ruang kolaborasi

ruang kolaborasi

presentasi

1. Description (Penjelasan)

Pada minggu ke-2, ada pembagian kelompok yang bertugas untuk mendesain kerangka pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD. Saya masuk dalam kelompok A1 bersama ibu Ela Namirah, Ibu Dwi Kania dan Pa Nurul Ilyas. Ketiga guru tsb berada dalam jenjang SMP, saya dari TK. 

Pd tgl 19 April, kami melakukan diskusi di gmeet dan dilanjutkan malam hari sesudah sholat tarawih hingga pkl. 11 malam melalui grup whatsapp A1. 

Diskusi yang kami lakukan berkaitan dengan refleksi pemikiran KHD di sekolah dan membahas satu profil pancasila.

Tanggal 20 April, kami mempresentasikan hasil diskusi kami pada tugas 1.1.a.5.1

Tgl. 21 April, ada gmeet tentang refleksi terbimbing yang lebih diarahkan kpd kendala teknis upload tugas 1.1.a.6

tgl. 22 - 23 April, saya mulai mengerjakan demonstrasi kontekstual

2 Examination

Pada saat mempresentasikan hasil diskusi kami pada tugas 1.1.a.5.1, ternyata banyak kekurangan. Salah satunya adalah tidak dijabarkan secara spesifik ttg budaya lokal Cianjur. Materi yang kami sampaikan masih bersifat umum. lalu kami melakukan perbaikan agar pelaksanaan tugas 1.1.a.5.1 lebih dimininimalisir kekurangannya.

Pada saat pelaksanaan tugas 1.1.a.6, kami berusaha mengerjakan lebih baik lagi, persiapan lebih matang dan terus memeriksa jikalau ada kekurangan

Pada saat melaksanakan tugas demonstrasi kontekstual, sy mencari ide dengan memeriksa di google. Awalnya saya ingin menggunakan analisa galaksi bima sakti, di mana matahari berputar sesuai orbit bersama trilyunan bintang yang lain mengitari pusat galaksi. Tapi saya kesampingkan karena materi ini mungkin kurang dipahami oleh teman sejawat saya dari TK. Lalu saya mendapat ide menggunakan molekul unsur yang terdiri dari atom. Setiap atom memiliki neutron, proton, dan elektron yang berputar sesuai orbitnya. Lagi-lagi saya kesampingkan karena materi ini kurang cocok untuk guru TK. Akhirnya saya menggunakan perbandingan sekelompok bunga untuk menganalisis pemikiran KHD. Sy berharap analogi ini dapat dipahami oleh teman-teman saya dari TK

Articulation of Learning

pada minggu ke-2 ini saya mempelajari bagaimana cara menyusun kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran KHD, bagaimana cara mewujudkan pelajar pancasila dan mulai mengerti masalah2 yang dihadapi di sekolah (terutama di sekolah pa Nurul, Bu Ela dan Bu Dwi jenjang SMP) serta solusi yang ditawarkan. Untuk pembelajaran di TK,  pemikiran KHD dari dulu sudah sesuai dengan kurikulum. Kendala klasik yang dialami TK adalah para orang tua yang masih berfikir anaknya harus bisa calistung dengan metode klasik (nulis di atas buku dengan rapi, berhitung, dan membaca secara monoton). Para orang tua menganggap bermain bukan belajar.

Rencana untuk perbaikan di masa mendatang :

Saya harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang

Selalu mencari tahu baik dari google maupun diskusi bersama teman-teman

Sebisa mungkin, jika ada tugas, mampu dikerjakan dengan baik dan tidak telat kecuali jika ada hal-hal di luar dugaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar