Model refleksi menggunakan 4F
Pada minggu ini mulai memasuki modul 1.3
1. Facts (Peristiwa)
Waktu pelaksanaan : 31 Mei s/d 4 Juni 2021
31 Mei : Mulai dari diri
1 Juni : Eksplorasi konsep - mandiri 'Visi guru penggerak' = modul 1.3 berupa tulisan dan video tentang model/pendekatan Inkuiri apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA. Sambil membaca, saya membuat rangkuman dalam buku catatan saya, karena saya mudah lupa, jadi setiap kegiatan selalu didampingi buku catatan.
2 Juni : Eksplorasi konsep - forum diskusi = CGP membuat visi murid impian dan membuat kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif kemudian saling berbagi bersama cgp yang lain. Hal ini tidak sulit karena saya suka membuat rangkuman jadi proses pengerjaan tugas dapat lebih cepat dari yang diharapkan. Saya masih perlu belajar tentang penerapan model ini.
3 juni : Ruang kolaborasi - Pengerjaan = Pada ruang kolaborasi, bapak fasilitator mengingatkan kami tentang pengerjaan LMS. Saya sangat berterima kasih kepada Bapak yang selalu sabar dengan kami apalagi saya, karena ada beberapa tugas yang terlambat di upload. Kadang saya merasa sudah mengirimkan, ternyata belum terkirim, mungkin dari sinyal berpengaruh.
Kemudian dilanjutkan dengan penetapan kelompok. Saya masuk di kelompok A1 bersama ibu Wiwin, Ibu Ela, Ibu Dwi, Ibu Noneng, Pa Nurul Ilyas, dan Pa Odas. Karena keterbatasan waktu di BOR, kami meneruskan via whatsapp. Kami saling mengirimkan format pemetaan kekuatan dan kemudian diramu sehingga menjadi format yang akan kami presentasikan pada tanggal 4 juni. Hanyasaja, karena banyak kegiatan yang berbenturan, proses peramuan ini terbilang lambat,. kami baru selesai mengerjakannya pada siang hari (sekitar jam 10 siang) sebelum presentasi
4 juni : Ruang kolaborasi - Presentasi . kami mempresentasikan hasil diskusi tentang format pemetaan kekuatan. Yang mempresentasikan ada ibu Ela, MC Ibu Noneng, dan penjawab ada saya, pa nurul ilyas, bu wiwin, pa odas sedangkan bu dwi sebagai notulen. Alhamdulillah diskusi berjalan lancar. Saya memiliki banyak informasi dari hasil berbagi format pemetaan kekuatan.
Pada diskusi kali ini juga, kami dingatkan tentang gallery walk. Rupanya ada miskonsepsi. Saya kira hasil diskusi format kami dipresentasikan dulu tgl. 4 juni, setelah selesai baru kirim mengerjakan gallery walk (format diisi oleh cgp sesuai dengan keadaan sekolahnya). Saya berterima kasih kepada Bapak yang sudah mengingatkan saya.
selain itu, jadwal yang dibagikan tidak tertulis gallery walk. Jadinya kelupaan
2. Feelings (Perasaan) : Pada minggu kali ini saya mulai bisa beradaptasi dengan jadwal cgp. Saya berusaha agar pengerjaan tugas sesuai jadwal. Saya merasa senang bisa menambah ilmu baru dan pengalaman baru. Membuat visi, lalu diperkenalkan dengan Istilah Inkuiri apresiatif dan memetakan kekuatan. Sangat menarik.
3 Findings (Pembelajaran) : Saya belajar membuat visi guru penggerak. Pembuatan visi ini penting untuk penerapan aksi cgp. Bagaimana pelari mau mencapai garis finish kalo ternyata pelari itu sendiri tidak tahu dimana letak garis finishnya? Sangat terpukau dengan konsep modul 1.3. Keren. Kemudian saya diperkenalkan dengan model pendekatan inkuiri apresiatif. Saya makin takjub lagi karena pada modul ini saya tidak hanya diperkenalkan dengan garis finish, tapi juga diberikan alat untuk mencapai garis finish tsb yaitu dengan Inkuiri Apresiatif. Hebat. Inti model ini memandang segala sesuatu dengan positif. Yang diteliti adalah kekuatan yang dimiliki. Maka energi yang terpancar pun menjadi energi positif.
4. Future (Penerapan) : Setelah belajar materi ini, saya membuat visi murid impian dan saya akan berusaha mewujudkannya dengan menggunakan model inkuiri apresiatif. Memetakan kekuatan dari segala aspek. Arah gerak saya semakin terkonsep. Terima kasih untuk semua pihak yang ikut membantu dalam proses pembelajaran kali ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar