Jurnal refleksi kali ini menggunakan model driscoll
1. What ? (deskripsi peristiwa yang terjadi)
Waktu pelaksanaan : 3 mei 2021 s/d 8 mei 2021
- 3 mei 2021 : Eksplorasi konsep - forum diskusi "Nilai-nilai dan peran guru penggerak" yaitu menjawab pertanyaan hubungan antara profil pelajar pancasila dengan nilai dan peran gp; serta apa yang bisa dilakukan jika ada pihak lain yang kurang mendukung dalam menjalankan gp. Pada sesi ini, saya membaca jawaban dari rekan cgp yang lain, ternyata mereka juga memiliki kendala yang sama dan saling memberi masukan untuk menghadapi hal tsb
- 4 - 5 mei 2021 : Ruang kolaborasi - pengerjaan yaitu ada pembagian 2 kelompok (kelompok 1 cgp yang pendampingnya pa Yusup dan kelompok 2 yang pendampingnya bu Etik). Saya berada di kelompok 1 bersama dengan Ibu Dwi, Ibu Ela, Bu Noneng, Ibu Wiwin, Pa Nurul dan Pa Odas (Kak Rama). Setiap kelompok membahas tentang nilai dan peran gp serta aplikasinya di sekolah. Kami juga sharing pengalaman dan saling memberi masukan
- 6 mei 2021 : Ruang kolaborasi - presentasi kelompok 1 yang dipaparkan oleh Bu Ela. Terjadi diskusi yang aktif, ada sharing pengalaman, dan saling memberikan tanggapan
- 7 mei 2021 : Refleksi terbimbing. Pada bagian ini, refleksi sudah saya lakukan namun baru menuliskannya ketika beres liburan sekolah karena harus mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan hari Idul Fitri. Saya termotivasi untuk bisa bergerak menerapkan nilai dan peran gp, apalagi berada di komunitas ini yang selalu memberi energi positif
2. So What ? (Analisis dari peristiwa yang terjadi)
- Kegiatan kali ini sangat menyenangkan karena saya sudah mulai mengenal lebih dekat dengan cgp yang lain meskipun hanya tatap maya
- kegiatan kali ini juga memberikan gambaran real bagaimana menjadi guru penggerak. Penjelasan secara teori nilai dan peran guru penggerak lalu dipraktikkan secara konkrit, semuanya lengkap (teori dan praktik)
- Apalagi ketika diskusi pada saat presentasi, banyak sekali ilmu, sharing pengalaman, saling memberikan aura positif. Dan ini membuat saya semakin terpacu untuk menjadi guru yang lebih baik lagi. Terima kasih banyak buat semua pihak mulai dari pak Bambang, Pa Yusup, Bu Etik dan cgp yang lainnya.
- Saya juga masih belajar membagi waktu, karena ada saja kendala pada saat mengerjakan LMS.
3. Now what ? (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi)
- Saya berusaha menerapkan nilai guru penggerak (kemandirian, inovatif, kolaboratif, reflektif dan berpihak pada murid) di sekolah, meski belum sempurna tapi berusaha selalu melakukan upaya dan perbaikan dari hari ke hari
- Saya melakukan diskusi terbuka dengan kepala sekolah dan guru-guru untuk perbaikan pembelajaran
- Terus belajar mengembangkan diri agar menjadi insan yang lebih baik
- Selalu meminta dukungan dari pihak keluarga dan sekolah
Details: (405 words) Created 101 days and 17 hours ago.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar