Model Driscoll
1. What? (Deskripsi perisriwa yang terjadi)
13 September : Koneksi Antar Materi - membuat tulisan di blog mengenai modul 3.1 dan kaitannya dengan modul-modul sebelumnya
14 September : Aksi Nyata - Pada hari kamis, 16 September, saya sudah menyampaikan materi ini ke rekan sejawat melalui kegiatan komunitas FORMASI. Mereka antusias. Video ini untuk dokumentasi sekolah, intern saja. Sebelum kegiatan. guru menggunakan masker. Namun karena ada kendala, suara tidak terdengar ketika memakai masker, jadinya tidak menggunakan masker. Namun bisa dipastikan pada guru-guru dalam kondisi sehat. Adapun untuk aksi nyata di kelas, sudah ada kasusnya, namun untuk solusinya masih dalam tahap perencanaan
https://drive.google.com/file/d/1MlfS9NkPs96Pv6BQDQ1qRFT_6wU4U_OO/view?usp=drivesdk
15 September : Mulai dari diri, mulai memasuki modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Tahap ini berupa pertanyaan tentang sosok pemimpin yang ideal, peran pemimpin, sekolah sebagai ekosistem dimana ada faktor-faktor yang mempengaruhinya dan harapan saya tentang modul ini. Saya berharap bisa memahami materi dengan baik dan menerapkannya di sekolah.
16 September : Eksplorasi konsep - Mandiri yaitu belajar tentang sekolah sebagai ekosistem yang memiliki faktor biotik dan abiotik, pendekatan berbasis masalah (deficit based thinking) dan pendekatan berbasis aset (Asset Based Thinking) beserta contoh kasusnya, sejarah pendekatan PKBA (Pengembangan Komunitas Berbasis Aset), Aset-aset yang ada dalam komunitas (ada 7 modal utama)
17 September : Eksplorasi Konsep - Forum diskusi, sesama cgp mendiskusikan 2 kasus yaitu kasus ibu yuni dan pak parjo
2. So What? (Analisis dari peristiwa yang terjadi)
Untuk modul 3.1, saya berharap bisa saya praktekkan di kelas/sekolah mengenai 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip berpikir dan 9 langkah pengujian dan pengambilan keputusan. Saya merasa materi ini penting karena dapat memudahkan kita dalam mengambil keputusan yang tepat, bijak dan bertanggung jawab.
Untuk modul 3.2, saya diarahkan untuk memandang sekolah sebagai ekosistem yang memiliki aset yang banyak, selalu melihat kekuatan sekolah yang seharusnya bisa dikelola dan diberdayakan dengan baik.
3. Now what? (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi)
Saya akan menerapkan modul 3.1. dalam kehidupan saya, dan berharap rekan sejawat dapat menggunakan materi ini dalam pengujian dan pengambilan keputusan.
Saya akan berusaha untuk mempelajari modul 3.2, menganalisis aset yang ada di sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar